Hari minggu atau hari ahad (penamaan Islam) merupakan hari libur yang ditetapkan pemerintah Indonesia. Maka, secara otomatis pekerjaan, rutinitas kampus, sekolah, dan perkantoran sipil/negeri lainnya akan libur. Libur dari aktivitas merupakan kesempatan yang baik untuk meningkatkan kualitas hidup…
Bagaimana Cara Mengisi Hari Minggu Anda
Source: https://zoeandthebeatles.files.wordpress.com/2011/09/super-sunday.jpg
Agar hari minggu Anda bisa lebih produktif walaupun dalam suasana libur sepekan, maka anda bisa melakukan berbagai hal agar hari libur lebih bermanfaat..
1. Hari Minggu, Saatnya untuk Rileks..
Sebagai seorang manusia yang mempunyai rutinitas dari hari senin sampai sabtu, misalnya. Anda harus mempergunakan hari istimewa ini untuk rileks sejenak. Rileks bukan berarti melupakan pekerjaan atau rutinitas Anda. Namun anda sekedar rehat saja sejenak menikmati apa yang anda lakukan dalam sepekan.
Untuk rileks, anda bisa melakukan hal-hal yang menyenangkan. Misalnya, menikmati hari sembari minum kopi di pagi hari. Tentu di hari minggu anda punya banyak waktu untuk menikamti kopi pagi, berbeda dengan waktu-waktu lain. Nikmatilah, biarkan pikiran anda kembali rehat. Ini membantu psikologi anda agar tidak tegang.
Relaksasi yang anda lakukan akan membuat badan dan pikiran anda kembali siap untuk bekerja selama satu minggu ke depan. Relaksasi ini juga akan membantu maintenance (merawat) keadaan fisik anda dan me-recovery kembali tenaga anda.
2. Gunakan untuk Aktivitas Bervariasi
Jika dihari kerja atau hari kuliah anda sangat sibuk hingga hanya berkutat pada pekerjaan kantor, kampus, atau sekolah. Maka, di hari minggu anda dapat melakukan aktivitas-aktivitas yang jarang anda lakukan. Anda juga bisa melakukan aktivitas di luar rutinitas anda. Misalnya, anda mencoba untuk mencuci baju sendiri, berkebun, berolahraga, atau berjalan-jalan di taman kota merupakan contoh aktivitas berbeda yang bisa anda lakukan.
3. Hari Minggu, saatnya Berkunjung…
Momen hari minggu dapat anda gunakan sebagai waktu yang baik untuk berkunjung ke rumah tetangga anda, kerabat/famili, atau bahkan teman lama anda. Tapi, jangan lupa untuk bertamu pada waktu yang pas. Waktu sore anda bisa pilih, karena tentu di waktu pagi mereka juga akan melakukan aktivitas santai sama seperti yang anda lakukan.
Mengunjungi satu sama lain akan meningkatkan kualitas hubungan anda. Mereka pasti akan merasa terhormat jika anda mendatangi mereka. Dengan mengunjungi mereka, anda telah melakukan langkah kecil agar anda menjadi bagian yang berharga bagi mereka.
4. Hari Minggu, Gunakan untuk Lebih Dekat dengan Keluarga
Tak bisa dipungkiri bahwa aktivitas anda sepekan di kantor, d sekolah, di pabrik ata di kampus membuat anda jarang untuk berbicara atau bercengkerama dengan anak, istri, saudara atau bahkan orang tua anda. Rutinitas anda telah sedikit menggeser rasa perhatian anda kepada keluarga dan orang terdekat anda.
Gunakan hari minggu untuk lebih banyak bersama dengan mereka. Kalaupun mereka jauh berada di luar kota, anda bisa menggunakan kesempatan ini untuk sekedar menelpon, menanyai kabar mereka, dan meluangkan berbicara tentang aktivitas anda selama seminggu ini atau sebaliknya aktivitas apa yang mereka sedang lakukan.
5. Hari Minggu, Gunakan untuk Mengevaluasi Kinerja Anda
Hari minggu dapat anda gunakan untuk mengevaluasi kinerja anda, mengevaluasi kierja perusahaan anda, mengevaluasi capaian prestasi anda di kampus. Gunakan beberapa waktu untuk sekedar merenung apa yang telah anda lakukan seminggu ini.
Cara ini akan membuat anda tetap fokus dan mengingatkan kembali kepada diri anda apa yang mungkin terlupa untuk dikerjakan. Capaian atau target apa yang belum dan sudah diraih. Hanya di hari minggu yang memberikan waktu yang banyak bagi anda untuk mengevaluasi diri anda.
Nah, itulah beberapa cara yang anda dapat lakukan untuk mengisi waktu anda di hari minggu. Semoga hari-hari anda bisa lebih bermanfaat… !!