Bismillahir rahmanir rahiim….
Amalan Puasa Ramadhan: Tadarus Qur'an
Bulan Ramadhan merupakan bulan yang istimewa dalam Islam. Bulan ramadhan menjadi bulan yang istimewa dikarenakan banyaknya keutamaan-keutamaan yang ada di dalamnya. Keutamaan ini hanya bisa di dapat di bulan Ramadhan, sedangkan selain bulan ramadhan tidak demikian.
Seperti yang kita ketahui, bulan ramadhan merupakan bulan dimana ummat Islam diwajibkan untuk berpuasa. Hukum puasa ini fardhu ‘ain artinya kewajiban tiap individu yang telah bersyahadat Laa ilaha illallah Muhammadur Rasulullah..
Selain berpuasa, yakni menahan diri dari segala sesuatu yang membatalkan puasa mulai dari terbit fajar hingga terbenam matahari, amalan atau aktivitas di bulan ramadhan tidak hanya berpuasa saja. Namun, ada berbagai macam amalan-amalan ibadah yang sangat dianjurkan di bulan ramadhan.
Salah satunya ialah dengan membaca (tadarus) Quran. Membaca atau tadarus Qur’an merupakan amalan ibadah yang sangat dianjurkan untuk dilakukan dan diperbanyak di bulan suci ramadhan. Hal ini disebabkan antara lain:
1. Amalan akan Dilipatgandakan
Bulan ramadhan merupakan bulan dimana segala amal perbuatan akan dilipatgandakan oleh Allah SWT. Amalan kebaikan akan dilipatgandakan pahalanya berkali-kali lipat, 10 kali lipat, 100 kali lipat, 700 kali lipat, dan lebih banyak lagi.
Dengan membaca Al qur’an di bulan suci ramadhan maka pahala satu huruf akan dilipatgandakan menjadi 10 kali lipat. Nah, inilah dasar motivasi  sehingga kita harus memperbanyak membaca Al Quran.
2. Bulan diturunkannya Al Quran
Al Quran pertama kalin turun di bulan suci ramadhan. Ini artinya wahyu pertama yakni surah Al-Alaq ayat 1-5 diturunkan kepada Rasulullah SAW pada bulan ini. Tidak hanya Al Quran diturunkan di bulan ini, kitab-kitab Allah yang terdahulu yang diturunkan kepada rasul-rasul sebelum Rasulullah SAW juga diturunkan pada bulan ini.
Dua alasan ini menurut saya sudah mencukupi agar kita bergiat diri dalam mengamalkan kebaikan dalam bulan suci ramadhan yakni membaca atau tadarus Al Quran.
Selain membaca atau tadarus Al Quran, kebaikan kita akan meningkat jika kita tidak hanya membaca Al Quran. Akan lebih baik jika selain membaca Al Quran kita juga mengerti kandungan Al Quran (membaca artinya atau tafsirannya). Kemudian langkah selanjutnya adalah mengamalkan kandungan Al Quran baik dalam bentuk perintah dan larangan.
Kita akan menjadi ummat yang dirindukan dan akan dibanggakan di yaumil akhir oleh baginda Rasulullah SAW jika kita mampu melaksanakannya. Berusaha memperjuangkan isi kandungan Al Quran dalam ruang lingkup individu, masyarakat bahkan bernegara merupakan jalan keselamatan. Sebuah pilihan mengikuti nasihat terakhir dari baginda rasul, jika ingin selamat (tidak tersesat) berpegang teguh pada pusaka peninggalan Rasulullah SAW yakni salah satunya Al Quran dan yang terakhir adalah sunnah-sunnahnya.
Pengamalan Al Quran harus komprehensif, menyeluruh. Dan kalaupun belum mampu sepenuhnya kemarin, maka masih ada hari ini untuk berjuang melaksanakan seluruh isinya, dan kita berharap esok hari atau dimasa yang akan datang kita mampu untuk mengamalkan seluruh isinya tanpa ada tertinggal sedikit pun. Aamiin. Wallahu ‘alam.