Bismillahir rahmanir rahiim…
Amalan Puasa Ramadhan: Memberi Buka Puasa
Masih dalam suasana bulan suci Ramadhan. Momen langkah yang tidak semua muslim dapat merasakannya, hanya sebagian yang bermaksimal diri, dan boleh jadi sedikit saja yang bisa ikhlas dalam melaksanakan puasa dan amalan-amalan kebaikan di bulan suci Ramadhan. Kita berharap, kita termasuk orang-orang yang muhlis dalam menjalankan segala ketaatan di bulan suci Ramadhan ini.
Sebelumnya, saya telah membuat postingan yang mengurai tentang amalan puasa ramadhan: tadarus Quran. Kali ini saya akan membuat postingan terkait dengan amalan puasa ramadhan: memberi buka puasa bagi orang yang berpuasa.
Dalam melakukan ibadah, ada kaidah yang harus kita ingat bahwa segala perkara ibadah itu haram kecuali ada perintah. Jadi, segala bentuk ibadah yang kita lakukan sebenarnya status hukumnya adalah haram sampai ada dalil atau nash yang memerintahkan kita untuk melaksanakan.
Dalam perkara ibadah atau amalan kebaikan di bulan suci ramadhan terkadang kita luput untuk tahu keutamaan-keutamaan dari aktivitas atau amalam yang kita kerjakan. Bisa saja kita anggap remeh atau orang lain menganggapnya kecil namun di saat dikembalikan kepada Allah SWT atau khabar dari Rasulullah SAW ternyata memiliki nilai pahala yang luar biasa.
Contoh aktivitas sederhana yang sering dilakukan di bulan suci ramadhan yakni menyajikan menu buka puasa bagi orang yang berpuasa. Kaum muslim pada umumnya memiliki kebiasaan untuk berbuka puasa di masjid. Kebiasaan ini hadir dan semakin semarak karena adanya partisipasi dari jamaah atau masyarakat sekitar masjid untuk menyajikan menu buka puasa.
Namun, dibalik itu ternyata ada keutamaan bagi siapa saja seorang muslim yang menyajikan atau memberi buka puasa bagi orang yang berpuasa ternyata ada kebaikan dan keutamaan di dalamnya. Keutamaan itu disampaikan melalui hadits dari Rasulullah SAW. 
Dari Zaid bin Khalid al-juhani r.a, dari Nabi SAW beliau bersabda “Barangsiapa yang memberi buka puasa kepada orang yang berouasa, maka baginya pahala seperti pahalanya (orang yang berbuka itu), tanpa mengurangi sedikit pun pahala orang yang berpuasa tersebut.” (HR. At-Tirmidzi. Dia berkata, hadits ini hasan shahih).
Dari hadits tersebut di atas, dapat kita ambil kandungan mengenai amalan puasa ramadhan yakni memberi buka puasa orang yang berpuasa yakni:
  1. Anjuran untuk memberi buka puasa kepada orang yang berpuasa.
  2. Pahala orang yang memberi buka puasa kepada orang yang berpuasa seperti pahala orang yang berbuka itu, tanpa mengurangi sedikit pun pahala puasa tersebut.
Dengan landasan dari hadits tersebut di atas aktivitas atau amalan di bulan suci ramadhan yakni memberik buka puasa bagi orang yang berpuasa semakin kita semarakkan, ramaikkan, dan menjadi bagian dari kebiasaan kita.

Dan bagi orang yang diberi buka puasa, maka kita berharap bahwa Allah SWT memberikan pahala yang sesuai dengan aktivitas atau amalan yang telah dilakukan oleh orang yang memberi kita buka puasa.

Inilah salah satu amalan puasa ramadhan yakni memberi buka puasa bagi orang yang berpuasa. Semoga bermanfaat bagi kita semua dan dapat kita amalkan dalam kehidupan kita. Wallahu ‘alam. [Indrawirawan]