Bismillahir rahmanir rahiim.
Aktivitas nge-blog telah cukup lama saya lakoni. Ada beberapa blog yang saya buat sebelum weblog ini. Sekira ada 4 tahun saya belajar dan mempelajari blog, terhitung saat postingan ini dibuat
Membuat postingan, content merupakan aktivitas vital dalam nge-blog. Ia menunjukkan kedinamisan. Menunjukkan hidupnya blog, menunjukkan eksisnya sebuah blog. Namun, dilain itu ada sebenarnya hal yang sangat berharga dari sebuah postingan atau content yang membuatnya jauh lebih berarti. Hal yang sangat berarti dari sebuah postingan adalah seberapa besar manfaat postingan bagi pembacanya. Semakin bermanfaat postingan sebuah blog, maka semakin hidup ia dimata pembacanya. Maka dari semua itu, ada yang mengatakan bahwa content is king.
Membuat Postingan Dipagi Hari
Merujuk dari alasan tersebut, bagi seorang blogger entah apapun itu alasannya nge-blog maka penting baginya untuk mencari waktu yang efektif membuat sebuah karya, postingan, content blog. Saya katakan sebagai karya, karena dengan ini ia menjadi bernilai dimata pembacanya. Sebuah karya dikerjakan dengan sepenuh hati, jiwa. Sebuah karya akan memikirkan seberapa besar manfaat bagi orang lain. Karya juga mengindikasikan bahwa ia adalah sebuah aktualisasi diri secara penuh si empunya. Jika demikian, maka tetap dibutuhkan sebuah totalitas dalam membuat dan menciptakan content.
Pertama. Akhir-akhir ini, saat postingan ini dibuat, saya merasai bahwa membuat postingan diwaktu pagi merupakan saat yang efektif. Hal ini dikarenakan pikiran masih jernih dan belum bosan dengan berbagai hiruk-pikuk kesibukan yang ada. Waktu yang efektif menurut saya landasannya dikarenakan yang ingin dihasilkan adalah sebuah karya, dan sebuah karya menuntut kita untuk all out, sepenuh kekuatan dan upaya untuk membuatnya. Bagi seorang penulis seperti Pramoedya, buku-bukunya adalah anak-anak rohani baginya. Ia menganalogikan karya tulisnya dengan anak-anaknya. Lalu, bagaiamana kita memposisikan postingan, content blog kita.?
Kedua. Membuat postingan diwaktu pagi berarti mengisi spasi waktu yang belum terisi. Ini saya dasari, jikalau kita misalnya bangun lebih awal, sekira pukul 4 dinihari dan katakanlah kita bekerja rutin pukul 8 pagi. Maka ada jedah waktu satu jam setelah shalat subuh, katakanlah pukul 5 pagi kita dapat menulis content selama satu jam sampai pukul 6 pagi. Setelah itu, kita mungkin baru mempersiapkan diri untuk berangkat kerja rutin.
Ketiga. Membuat postingan diwaktu pagi hari, juga akan membuat kita untuk berpikir lebih awal. Berpikir lebih awal berarti memosisikan otak kita dengan baik. Otak kita adalah sebuah anugerah untuk berpikir. Tugasnya adalah untuk berpikir dan ia senang dengan pekerjaan itu. Tidak memperkerjakannya sebagaimana kemampuannya berarti mengurangi kemampuannya dalam berpikir. Saya pernah menemui beberapa sepuh yang memorinya masih sangat bagus untuk ukuran umur yang dimilikinya. Sepuh yang kumaksud berumur 80 tahun lebih. Fisik memang sudah sangat lemah, namun kinerja dari otak untuk mengingat sangat kuat. Ia jauh dari kepikunan. Hampir semua kejadian penting dalam hidupnya ia ceritakan kepada saya dengan menyertakan hari, tanggal, bulan, dan tahun kejadian. Sebuah keistimewaan yang dimilikinya tanpa mempekerjakan otaknya sebagaimana mestinya. Kita jarang melakukan demikian, padahal usia kita mungkin masih beranjak muda dan tidak ada kepayahan yang berarti yang harus dipikul oleh fisik kita. Membuat postingan diawal waktu, pagi hari membuat otak kita bekerja; memberi pengertian, menganalisa, mengeksplore, membandingkan, memberi kesan baru merupakan pekerjaan-pekerjaan yang mampu dilakukan oleh pikiran.
Keempat. Membuat postingan dipagi hari berarti menyusun kesan, memori, ingatan kemarin diwaktu siang atau malam yang belum terjalin, terangkai, terbentuk dalam sebuah tulisan. Saya pribadi menyukai menulis, dengan menulis saya membagikan dan menyampaikan apa yang telah saya lakukan, alami, atau apa yang telah-sedang saya pikirkan. Jalinan-jalinan informasi ini masih menjadi milik saya jikalau saya tidak menuliskannya. Diwaktu pagi merupakan waktu yang baik untuk mengumpulkan dan membangun segala kejadian dimasa sebelumnya. Menghadirkan dan menyajikannya dalam bentuk tulisan.
Akhirnya, membuat postingan dipagi hari hari merupakan sebuah pilihan buat kita. Ini sangat bergantung dengan kondisi dan situasi kita masing-masing. Semoga postingan in bermanfaat…